Tidak Berkaitan dengan Peningkatan Mutu, Disdikbud Aceh Barat Larang Pihak Sekolah Gelar Wisuda

Prosesi wisuda Mts di Aceh Barat. (Foto: ilustrasi).

ACEHNETWORK.COM | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Barat melarang sekolah untuk melaksanakan kegiatan perpisahan atau wisuda untuk siswa.

Larangan itu dikeluarkan lantaran dinilai tidak berkaitan langsung dengan peningkatan mutu pendidikan bagi siswa. 

Demikian imbauan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kepala Disdikbud Aceh Barat Nomor: 420/241/V/2024 tertanggal 13 Mei 2024.

baca juga: Mantan Ketua KONI Resmi Daftarkan Diri Sebagai Balon Bupati Aceh Timur Lewat Partai Nasdem

Sekretaris Disdikbud Aceh Barat, Masykur, menyampaikan hal tersebut mengacu pada SE Sekjen Kepmendikbud No 14 tahun 2023 tentang wisuda pada satuan pendidikan.

Selain itu kegiatan perpisahan atau wisuda bagi siswa juga tidak berkaitan langsung dengan peningkatan mutu pendidikan. 

“Sebagian besar hanya merupakan kegiatan seremonial dan banyak wali murid yang mengeluh karena biayanya sangat memberatkan, bahkan ada TK di Meulaboh mengutip biaya wisuda siswanya sampai 720 ribu rupiah per siswa,” kata Masykur, Selasa, (14/5/2024).

Masykur menambahkan, sekolah yang tetap melaksanakan wisuda bagi siswa akan disanksi. Tentunya sanksi yang diberikan tidak akan merugikan murid.

baca juga: Puluhan Mahasiwa Unjuk Rasa di Kantor Gubernur, Minta Pj Gub Aceh Bertangung Jawab Program Fiktif BRA

“Jenis sanksinya akan kami koordinasikan kembali dengan pimpinan,” ujarnya.

Masykur menjelaskan, bahwa surat ederan itu diperuntukkan untuk semua jenjang pendidikan. Mulai dari PAUD, SD, SMP, dan SMA atau sederajat.

baca juga: Kejari Aceh Timur Musnahkan Ganja dan Rokok Ilegal

Dalam surat ederan itu, dimintai juga kepada pihak sekolah agar tidak memungut biaya atau bingkisan yang berhubungan dengan penyerahan ijazah siswa dengan dalih apapun.

Disdikbud Aceh Barat juga tidak membenarkan kegiatan dilaksanakan dengan dana bersumber dari kutipan atau iuran siswa ataupun orang tua siswa.