Siswa Aceh Timur Lewat PTN Jalur SNBP Tahun 2024 Meningkat, Kacabdisdik: Berkat Kerja Keras Pihak Sekolah

Kepala Cabang Dinas wilayah Aceh Timur, Rahmatsah Putra. (Foto: Ist).

Aceh Timur, AcehNetWork | Sebanyak 392 siswa/i SMA dan SMK di Aceh Timur, kembali diterima di berbagai Perguruan Tinggi Nasional (PTN) di Aceh maupun diluar daerah setelah lulus jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun 2024.

“Diterimanya ratusan siswa asal Aceh Timur di PTN diketahui setelah diumumkan oleh Kemdikbudristek pada Selasa kemarin,” kata Kacabdisdik Wilayah Aceh Timur, Rahmatsah Putra, Rabu, (27/3/2024).

Rahmatsah menuturkan bahwa jalur SNBP merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN, selain jalur tes atau SNBT serta jalur mandiri.

Menurutnya, bahwa jumlah siswa SMA dan SMK Aceh Timur yang lulus PTN jalur non tes pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Tahun ini diterima sebanyak 392 siswa, sementara tahun 2023 lalu hanya 371 orang.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, KNTI Aceh Jaya Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu Kondusif dan Damai

“Jadi, mengalami kenaikan sebanyak 21 orang siswa atau 9,5 persen,” terang Rahmatsah.

Capaian prestasi siswa ini, sebutnya, berkat kerja keras pihak sekolah, guru serta masyarakat dalam mendorong kemajuan dan peningkatan mutu serta kualitas pendidikan di Wilayah Aceh Timur. 

Baca juga: Sering Putus Nyambung, Pasangan Ini Bercerai Setelah 5 Hari Menikah

Rahmatsah menerangkan bahwa bagi siswa yang belum berhasil lulus seleksi di jalur itu, bisa masuk melalui jalur tes atau SNBT dan mandiri. 

“Jangan patah semangat, teruslah mengikuti tes pada jalur lainnya, bahkan kalaupun tidak lulus di PTN, masih ada peluang kuliah di PTS dengan berbagai fasilitas yang mumpuni,” tutupnya.