Satu Warga Abdya Meninggal Akibat DBD

[ad_1]

LINEAR.CO.ID | ACEH BARAT DAYA – Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tengah melanda Gampong Iku Lhung Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) telah merenggut nyawa satu orang warga gampong setempat.

Sebelumnya korban sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Peukan Abdya selama sepekan.

Namun, mengingat kondisinya yang semakin memburuk, pihak keluarga memutuskan untuk membawanya ke Rumah Sakit Dr. Zainoel Abidin (ZA) Banda Aceh.

“Saat kami bawa ke Banda Aceh, kondisi anak kami memang sudah tidak sadarkan diri lagi,” kata Ali Kusman, paman korban, Minggu (17/9/2023).

Di RS ZA Banda Aceh, korban mendapat perawatan selama 14 hari. Selama itu, kondisinya sempat menunjukkan sedikit tanda-tanda membaik.

“Di hari terakhir, dia sudah membuka matanya, dan kami mengira ini tandanya kondisi kesehatannya akan membaik,” ujar Ali.

” Namun, dugaan kami salah, ternyata anak kami membuka mata untuk yang terakhir kalinya lalu pergi untuk selamanya,” kata Ali.

Sementaa itu kepala Dinas Kesehatan Abdya Safliati, S.ST, M.Kes menghimbauan kepada seluruh masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih dan hindari dari sampah yang dapat membuat air bersih tergenang sehingga menyebabkan berkembang biaknya nyamuk yg menyebabkan DBD.

” Kami dari Dinkes sangat berharap kepada pak camat dan pak keucik agar dapat melakukan gotong royong massal secara berkala, jika di lakukan fogiing pun tak berarti apabila sarang nyamuk tidak d bersihkan”,.(*)

[ad_2]

https://linear.co.id/