Polres Langsa Berhasil Bekuk Dua Specialis Pencurian Sepmor, Keduanya Warga Sumut

Polres Langsa Berhasil Bekuk Dua Specialis Pencurian Sepmor, Keduanya Warga Sumut
Dua Specialis pencurian Sepmor berhasil dibekuk Sat reskrim Polres Langsa. (Foto: Humas Polres Langsa).

LANGSA, ACEHNETWORK.COM | Dua spesialis pencurian sepeda motor (Sepmor) yang sering bereaksi di Kota Langsa, Aceh berhasil dibekuk oleh Sat Reskrim Polres setempat.

Keduanya berbeda peran, iniasial KUS (43) sebagai pencuri sedangkan DR (42) sebagai penadah. Kedua tersangka merupakan warga Desa Sei Mencirim, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kapolres Langsa, Andy Rahmansyah melalui Kasat Reskrim, Iptu Rahmad mengatakan pengungkapan spesialis pencurian sepmor di wilayah hukumnya atas beberapa laporan polisi.

“Pengungkapan itu berdasarkan beberapa laporan polisi dan kemudian anggota melakukan penyelidikan. Akhirnya, pelaku KUS berhasil diringkus pada Minggu, 3 Maret 2024, sekira pukul 19.45 WIB dipinggir Jalan Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota”, ujar Iptu Rahmad.

Saat ditangkap, diduga pelaku sedang memantau keadaan sekitar untuk melakukan pencurian. Saat itu juga, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti satu buah kunci T.

baca juga: Aniaya Kawan Sendiri Gegara Tak Bayar Hutang, Pria Darul Aman Diamankan Polres Aceh Timur

Berdasarkan keterangan pelaku, dirinya telah melakukan pencurian di Kota Langsa sebanyak tujuh kali dan menjual barang curiannya kepada tersangka DR di Desa Sei Mencirim, Kecamatan Kutalimbau, Kabupaten Deli Serdang.

Dari pengakuan KUS tersebut, anggota Sat Reskrim Polres Langsa pada Senin (4/3/24) sekitar pukul 22.00 WIB melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan tersangka DR beserta barang bukti berupa satu unit sepmor Vario BL 4371.

Tersangka KUS melakukan aksinya menggunakan cara dan metode yang sama yaitu dengan pergi dari rumahnya menggunakan transportasi umum menuju Kota Langsa, Aceh.

baca juga: Sulaiman Tole Pulang, Bukber KNPI Aceh Timur Diwarnai Kegembiraan

Saat tiba di Kota Langsa tersangka KUS melakukan pemantauan terhadap tempat-tempat parkir dan melakukan aksinya dengan cara membobol kunci kontak sepmor milik korban menggunakan kunci T.

Selanjutnya tersangka membawa sepmor curian tersebut dari Kota Langsa menuju Desa Sei Mencirim dan menjualnya kepada tersangka DR dengan harga yang berbeda-beda.

baca juga: Putra Aceh Ditunjuk Sebagai Komandan Korem 011 Lilawangsa, ini Profilnya

“Pada saat akan melakukan pencurian kembali di Kota Langsa, tersangka KUS berhasil dibekuk Sat Reskrim Polres Langsa,” pungkas Kasat Reskrim Polres Langsa.