Pelaku Tindak Pidana Pemilu di Nagan Raya Dihukum 2 Bulan Penjara

Suka Makmue, AcehNetWork.com | Pelaku tindak pidana Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, divonis dua bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Suka Makmue, Nagan Raya.

Marhaban warga Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya tertangkap tangan ketika hendak melakukan pencoblosan kedua kalinya di TPS 003 menggunakan surat undangan atas nama adiknya.

Sebelum melakukan pencoblosan di TPS 003, Marhaban sudah terlebih dahulu melakukan pencoblosan di TPS 001. Namun aksinya itu diketahui oleh warga dan saksi setempat, sehingga ia diamankan di Polsek Darul Makmur.

Marhaban dinyatakan bersalah oleh majelis hakim PN Suka Makmue, karena melakukan tindak pidana Pemilu pada tanggal 14 Febuari lalu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa terdakwa.

baca juga: Pemkab Aceh Utara Cairkan Anggaran THR Sebesar Rp 48,3 Miliar Bagi ASN

“Menyatakan terdakwa Marhaban terbukti secara sah dan meyakikan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja, pada hari pemungutan memberikan suaranya lebih dari satu kali di TPS,” isi diktum putusan kesatu dibacakan oleh hakim pada Rabu, (3/4/2024).

baca juga: Pendiri RTA Serahkan Bantuan Masa Panik Kepada Warga Korban Kebakaran di Aceh Barat

Hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa penjara selama dua bulan dan denda Rp 2 juta, dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama satu bulan.