PA Kembali Usung Muallem Bertarung di Pilkada 2024, Buka Peluang Parlok lain Merapat

H. Muzakir Manaf alias Muallem, (Ketua Umum DPP-PA). Foto : Ist

Banda Aceh, AcehNetwork.com | Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dihelakkan pada Rabu 27 November 2024 mendatang, hal itu berdasarkan surat keputusan KPU RI, Hamsyim Asy’ari.

Dalam momentum itu, Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh (DPP PA) sudah menentukan sikapnya terhadap siapa calon Gubernur Aceh di Pilkada mendatang.

Kali ini, Partai Aceh kembali mengusulkan ketua umumnya yang juga mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) H. Muzakir Manaf atau dikenal Mualem.

“Kalau dari Partai Aceh kita Tgk H Muzakir Manaf tunggal (diusulkan jadi calon Gubernur Aceh),” kata Sekjen Partai Aceh Kamaruddin Abubakar atau Abu Razak, Selasa (2/2/2024).

Pernyataan itu disampaikan Abu Razak kepada awak media di sela-sela kegiatan buka puasa bersama pengurus Partai Aceh dan penyantunan anak yatim, di Banda Aceh.

Abu Razak menjelaskan bahwa Partai Aceh bisa mengusulkan calon gubernur dan wakil gubernur sendiri pada Pilkada mendatang, karena Partai Aceh telah berhasil meraih 20 persen kursi di DPR Aceh pada pileg.

Namun demikian, untuk calon wakil gubernur yang bakal mendampingi Mualem kedepan belum diputuskan, karena juga masih menunggu keputusan dari Muzakir Manaf terlebih dahulu.

“Maka, InsyaAllah kita calon tunggal Mualem. Nanti (Wakil) bagaimana putusan Mualem dan tim,” terangnya.

baca juga: Bukber Teramai di Aceh, Ribuan Masyarakat Aceh Barat Silaturrahmi dan Bukber di Kediaman Owner RTA

Meskipun bisa menentukan wakil sendiri, jelasnya, pihak mereka juga masih membuka peluang bagi tokoh lain yang ingin mendampingi, baik dari partai lain maupun internal.

Dirinya berharap, agar kandidat wakil Mualem kedepan dari kalangan partai lokal, sehingga bisa langsung satu paket.

baca juga: Mengungkap Kasus Korupsi Komplotan Ketua PPS Peureulak Timur Baru Mulai Tercium di Masyarakat Umum

“Yang melamar juga belum ada, baik dari partai lain maupun internal. Jadi ada kemungkinan dibuka penjaringan lagi. Harapan kami dari Parlok, satu paket,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Abu Razak juga mengucapkan terima kasih kepada kader dan masyarakat Aceh yang telah bersama-sama memenangkan Partai Aceh pada pileg 14 Februari lalu.

baca juga: Usai Tadarus, Pria Aceh Timur Dikeroyok Hingga Alami Luka Serius di Bagian Kepala

“Terima kasih atas kemenangan Partai Aceh pada Pileg kemarin, sehingga mendapatkan 20 kursi untuk DPR Aceh,” tutup Abu.

Sebagai informasi, bahwa total keseluruhan kursi anggota DPRA sebanyak 81 orang. Artinya, syarat untuk mengajukan calon Gubernur Aceh 20 persen (14 kursi) di parlemen. Maka, Partai Aceh bisa langsung mengusulkan kandidat sendiri. Saat ini, partai Aceh berhasil meraih 20 kursi.