Nestapa Petani, 30 Hektar Padi di Abdya Gagal Panen

[ad_1]

LINEAR.CO.ID | ACEH BARAT DAYA – Lebih kurang 30 hektare tanaman padi milik petani di Gampong Pante Cermin dan Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Aceh Barat Daya (Abdya) terserang hama wereng dan kawanan burung pipit. Jum’at (02-11-2023)

Akibatnya, tanaman padi milik petani terancam gagal panen. Padi yang terserang hama tampak mengering dan berubah warna menjadi agak kemerahan.

“Sudah 3 pekan ini hama wereng menyerbu dan burung pipit,” kata salah seorang petani Irmawan.

Berbagai langkah sudah dilakukan oleh para petani untuk menghalau hama ini, termasuk dengan menyemprot berbagai pestisida. Namun tetap saja hama menyerang.

“Sejak bulir padi berisi, sudah mulai diserang hama wereng dan saat padi mulai menguning diserang pula oleh hama burung pipit,” tuturnya.

Petani di desa ini pun mengaku hanya kewalahan sambil terus berusaha memberikan penyemprotan pestisida agar serangan hama wereng tidak semakin besar.

Sebutnya, ada sebagian petani harus panen dini dan ada juga dibiarkan saja. “Ke depan kami berharap pihak dinas bisa mencari solusi sehingga para petani tidak lagi mengalami gagal panen,”.(*)


Post Views: 2

[ad_2]

https://linear.co.id/