Milad GAM, Sejarah Perjuangan dan Masa Depan Aceh yang Tidak Perlu Ditakuti

[ad_1]

Oleh : Far Tueng Bila

LINEAR.CO.ID – Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) adalah momentum penting yang diperingati setiap tahun oleh masyarakat Aceh untuk mengenang perjuangan mereka dalam mencapai kemerdekaan. Berikut adalah gambaran singkat sejarah perjalanan GAM menuju kemerdekaan Aceh.

Gerakan Aceh Merdeka (GAM) didirikan pada 4 Desember 1976 sebagai respons terhadap sentimen otonomi yang dirasakan oleh masyarakat Aceh. Aceh, sebagai salah satu provinsi di Indonesia, memiliki identitas budaya dan sejarah yang kuat. Perasaan ketidakpuasan terhadap sentralisasi kekuasaan di Jakarta dan isu-isu terkait ekonomi serta hak-hak politik menjadi pemicu lahirnya GAM.

Perjalanan panjang konflik Aceh mencapai titik balik pada 2005 dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) Helsinki antara pemerintah Indonesia dan GAM.

MoU ini mengakhiri konflik bersenjata dan membuka jalan menuju proses perdamaian serta memberikan Aceh otonomi khusus.

Setelah MoU, Aceh mengalami transformasi signifikan. Pemilihan umum dilaksanakan, dan mantan pejuang GAM terlibat dalam politik dan pemerintahan.

Milad GAM menjadi momen untuk merayakan perjalanan panjang Aceh, mengenang korban konflik, dan menegaskan komitmen terhadap perdamaian dan pembangunan.

Meskipun sudah berlalu beberapa tahun sejak MoU, Aceh masih dihadapkan pada tantangan, termasuk pemulihan ekonomi dan rekonsiliasi masyarakat. Harapan terus tumbuh untuk membangun Aceh sebagai daerah yang sejahtera, damai, dan bersatu.

Setiap memperingati Milad GAM pada 4 desember setiap tahunnya tidak terlepas dari penjagaan pihak ke amanan, dan pemerintah pusat seakan merasa takut dengan 4 Desember.

Komitmen para Eks Kombatan GAM untuk menjaga perdamaian Aceh masih utuh sampai saat ini, namun Milad GAM masih saja di anggap sebagai salah satu sikap yang anarkis.

Dengan peringatan Milad GAM setiap tahunnya, Aceh memandang masa lalu mereka sebagai landasan untuk membangun masa depan yang lebih baik, yang didasarkan pada keberagaman, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua warganya.

[ad_2]

https://linear.co.id/