Merantau Ingin Ubah Nasib, Asriadi Pemuda Asal Abdya Tulang Punggung Keluarga Kini Pergi Selama Lamanya

[ad_1]

LINEAR.CO.ID | ACEH BARAT DAYA – Asriadi seorang pemuda asal Gampong Ujung Tanah kecamatan Lembah Sabil kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan meninggal dunia di Malaysia. Selasa (12-12-2023

Pemuda 29 tahun itu dilaporkan meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. Namun belum ada informasi secara detail kronologis peristiwa yang menimpa almarhum sehingga pergi selama-lamanya.

Bedasarkan informasi,selama berada di negri jiran asriadi tercatat sebagai tenaga kerja pemasangan pipa di Puncak Alam Malaysia.

Almarhum Asriadi, berangkat ke Malaysia menggunakan Paspor, sekitar bulan Mei 2023 lalu, kurang lebih 7 bulan yang lalu.
Kepergiannya ke negara tetangga untuk mencari kerja dalam upaya merubah nasib keluarganya.

Pemuda lajang kelahiran Ujung Tanah 1 Desember 1993 lalu. Semasa hidupnya  merupakan tulang punggung keluarga, terutama menghidupi sang Ibu Jahara (68 tahun), setelah sang ayah duluan berpulang ke Rahmatullah.

“Keluarga ini hidup di bawah garis kemiskinan. Kondisi ini mendorong Asriadi  merautau untuk mencari perkerjaan di Malyasia. Allah berkehendak, pemuda ini justru meninggal dunia di negeri orang”.

“Yang kami ketahui, almarhum sangat rajin bekerja menghidupi ibunya yang sudah renta,” kata Keuchik Ujung Tanah Fauan Adami.

Sebelum merantau ke Malaysia, tambahnya, almarhum bekerja serabutan, mulai dari karnet truk, buruh tani, buruh tambak udang dan lain sebagainya, yang dapat menghasilkan uang untuk menghidupi keluarga.

Sementara itu Pj Bupati Abdya Darmansah, baik secara pribadi dan Pemkab Abdya menyampaikan belasungkawa atas kepergian almarhum.

Dari informasi yang diperoleh Pj Bupati Darmansah, termasuk hasil komunikasi dengan warga Abdya yang berada di Malaysia, jenazah almarhum Asriadi akan dipulangkan ke kampung halaman melalui Bandara Internasional Kualanamu, Deli Sedang, Sumatera Utara.

“Jenazah almarhum direncanakan mendarat di Bandara Kualanamu, Medan pada hari Rabu, 13 Desember 2023,” kata Pj Bupati Darmansah.

Pemkab Abdya akan memfasilitasi penjemputan jenazah di Bandara Kualanamu dengan mobil Ambulans dari Dinas Kesehatan Abdya.

Jenazah akan dibawa pulang dari Bandara Kualanamu menuju rumah duka di Gampong Ujung Tanah, Kecamatan Lembah Sabil.

Terkait berkas-berkas administrasi pemulangan jenazah dari luar negeri, dijelaskan dipersiapkan dan dilengkapi oleh Kades Ujung Tanah, dibantu Camat Lembah Sabil.

“Laporan yang kita terima, Alhamdulillah tidak ada kendala, tinggal menunggu ketibaan jenazah dari luar negeri,” ungkap Pj Bupati Darmansah.(*)

[ad_2]

https://linear.co.id/