Memperingati Hari Jadi Subulussalam, Tokoh Pemekaran Ziarah ke Makam Para Pejuang

[ad_1]

LINEAR.CO.ID | SUBULUSSALAM – Usai menghadiri undangan upacara memperingati hari jadi Subulussalam yang ke 61 (Enam Puluh Satu) Tahun, sejumlah Tokah Pejuang pemekaran Kota Subulussalam Berziarah ke makam Pejuang Subulussalam, Kamis, (14/09/23).

Bersama Drs Salmaza MAP dan sejumlah Tokoh Pejuang Pemekaran Kota subulussalam ini berziarah ke makam Alm H Makmur Syahputra Bancin SH MM dan ke Makam Alm H Merah Sakti Kombih.

Kedua sosok ini, dianggap merupakan pejuang lahirnya Kota Subulussalam, yang tak dapat dilupakan jasa-jasa mereka untuk pembangunan Subulussalam hingga menjadi Kota saat ini.

Alm H Makmur Syahputra Bancin ini di kenal Masyarakat sebagai Tokoh Pejuang pembangunan daerah Acing Singkil dan Subulussalam. Sedangkan, Alm H Merah Sakti merupakan bapak pembangunan Kota Subulussalam.

“Tepatnya di hari jadi Subulussalam yang ke 61, kita mengenang jasa para pejuang daerah kita ini yang telah mendahului kita, karena jasa mereka lah kita bisa menikmati Kota yang kita sebut Kota Subulussalam saat ini,” sampai, Drs Salmaza MAP.

Dimasa kepemimpinan Alm H Makmur Syahputra sebagai Bupati Aceh Singkil periode 2000-2005, Subulussalam ini masih satu kabupaten dan belum mekar menjadi Kota.

“Tak terlepas, mekarnya Kota Subulussalam adanya campur tangan dari Alm H Makmur Syahputra, jasa beliau ini terhadap kita sangat sangat besar sekali, semoga beliau di ditempatkan di sisi Allah SWT,” ucap Salmaza.

Usai berziarah di Makam Alm H Makmur Syahputra, para Tokoh Pemekaran Kota Subulussalam ini pun langsung menuju Makam Alm H Merah Sakti Kombih yang di kenal sebagai bapak pembangunan Kota Subulussalam.

“Jasa alm bapak pembangunan kota subulussalam ini sangat banyak dan tak dapat kita sebutkan satu-persatu. Semasa kepemimpinan beliau tak henti nya terus berbenah dan berbuat untuk kemajuan, pembangunan Kota Subulussalam,” imbuh, Salamaza.

Dilanjutkan Bahagia Maha, setelah mekarnya Kabupaten Aceh Singkil dari Aceh Selatan, Alm H Makmur Syahputra ini merupakan salah satunya yang turut sebagai pejuang lahirnya Kota Subulussalam.

“Alm Makmur Syahputra ini dikenal mempunyai jasa besar terhadap Subulussalam sebelum menjadi Kota mekarnya dari Kabupaten Aceh Singkil,” jelas Bahagia Maha.

Para tokoh pemekaran yang berziarah ke Makam Pejuang Subulussalam ini dia nya, Drs Salmaza MAP, H Ansari, Haris Muda Bancin,  Bahagia Maha, Safran Kombih, Aradhi Karim, Bakhtiar, Asmial, Baginda Nasution, Rabusin Saraan, Pak Buhari, Ali Hasmi dan lainnya.

Bersumberkan dari Wikipedia, alm H. Makmur Syahputra Bancin, S.H., M.M. lahir 12 Oktober 1956-15 Oktober 2011. Beliau merupakan Bupati Aceh Singkil 2 periode yakni di tahun 2000-2005 dan 2007-2011.

Alm H Merah Sakti Kombih lahir 8 Juni 1966-8 September 2021. Beliau merupakan sosok bapak pembangunan Kota Subulussalam, memimpin sebagai Wali Kota Subulussalam 2 periode yakni di tahun 2009-2014 dan 2014-2019.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Anggota DPRK pada 3 kabupaten/kota yang berbeda, yakni Anggota DPRD II Aceh Selatan periode 1992-1997, kemudian Anggota DPRD Aceh Singkil periode 1999-2004, lalu ketika pemekaran Kota Subulussalam Merah Sakti juga menjadi Anggota DPRK Subulussalam sisa periode 2008-2009. (*)

[ad_2]

https://linear.co.id/