Jembatan Penghubung di Gampong Suka Damai Putus Diterjang Banjir, Rumah Warga Juga Ikut Terendam

[ad_1]

LINEAR.CO.ID | ACEH BARAT DAYA – Hujan deras di wilayah kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyebabkan Jembatan penghubung dua Gampong di Lembah Sabil putus tergerus derasnya arus sungai. Rabu (20/9/2023).

Keuchik gampong Suka Damai Osha Yurahman, mengatakan, jembatan yang putus total tersebut merupakan jembatan penghubung antara dusun Cot Manyang dengan dusun Padang Bak Reng.

“Akibat jembatan putus total, mulai sekarang masyarakat kami terpaksa harus melewati akses lain dengan melewati gampong Seneulop, kecamatan Manggeng,” ungkapnya.

Dijelaskan Osha, selama ini kondisi pondasi jembatan memang sudah mengalami sedikit kerusakan karena sering digerus banjir dikala musim hujan tiba. Namun, kata dia, banjir yang melanda hari ini membuat pondasi roboh dibawa banjir sehingga membuat jembatan langsung putus total.

“Selain jembatan yang putus total, sebanyak 8 unit rumah warga kami juga dilanda banjir, dan sebuah tanggul bendungan Kureng Manggeng yang berada di wilayah desa kami juga ikut tergerus banjir,” jelasnya.

Osha berharap, jembatan yang menjadi nadi masyarakat dua dusun itu bisa segera diperbaiki oleh pemerintah. Sebab, kata dia, apabila jembatan tersebut tidak diperbaiki terpaksa warga yang tinggal di dua dusun itu harus melewati akses yang lumayan jauh.

“Sekarang kondisi jembatan memang sudah tidak bisa dilewati lagi oleh masyarakat, baik pengguna jalan kaki maupun kendaraan roda dua dan empat, maka dari itu kami sangat berharap kepada pemerintah Abdya untuk segera memperbaiki jembatan ini,”.(*)

[ad_2]

https://linear.co.id/