Jalin Komunikasi, Polisi RW Polsek Peureulak Polres Aceh Timur Lakukan Giat Sambang Warga

[ad_1]

MPNews, Aceh Timur-Di Samping Sebagai Kanit Propam Polsek Peureulak Polres Aceh Timur, Bripka M.Zakir dalam kesehariannya juga ditunjuk sebagai Polisi RW/Dusun di Dusun Masjid, Gampong Blang Simpo, Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur dengan aktif melakukan kegiatan sambang terhadap lingkungan masyarakat dengan tujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada warga dan memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat. Salah satu upaya tersebut dilakukan melalui kegiatan Polisi RW yang bertujuan mempererat ikatan antara Polisi dan warga di tingkat Dusun.

Dalam kegiatan sambang tersebut, Bripka M.Zakir berinteraksi langsung dengan warga, berbincang, dan mendengarkan berbagai masukan, aspirasi, serta keluhan yang mungkin dimiliki oleh masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi warga untuk berdiskusi langsung dengan Polisi, membangun kepercayaan, serta memperoleh pemahaman lebih mendalam tentang peran dan tugas Kepolisian.

Polisi RW/Dusun merupakan inisiatif yang bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan Kepolisian di tingkat lingkungan yang lebih kecil. Dalam peran mereka, mereka bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan RW/Dusun, memberikan informasi kepada warga terkait tindakan pencegahan kejahatan, serta melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian terkait kegiatan keamanan dan patroli di wilayah tersebut.

Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar, S.H. menyampaikan pentingnya kegiatan sambang sangat penting. Karena dengan mendekatkan diri kepada masyarakat, Polisi RW/Dusun dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan warga, memahami kebutuhan dan permasalahan yang ada di lingkungan setempat, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di sekitarnya.

“Kegiatan Polisi RW/Dusun ini adalah dalam membangun Polisi yang lebih humanis dan terpercaya. Dengan cara melibatkan Polisi untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, diharapkan dapat memberikan citra positif terhadap Polisi semakin ditingkatkan dan kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian semakin meningkat,” ujar Kapolsek. Jumat, (27/10/2023).

Selain itu, melalui kegiatan sambang ini, Polisi RW/Dusun Polsek Peureulak dapat memberikan edukasi dan informasi kepada warga mengenai berbagai aspek keamanan, termasuk tindakan pencegahan terhadap kriminalitas, bahaya narkoba, serta pentingnya kerja sama antara Polisi dan masyarakat dalam menjaga lingkungan yang aman,nyaman dan kondusif.

Dengan adanya kegiatan Polisi RW/Dusun yang aktif sambang warga ini, diharapkan terjalin komunikasi yang lebih intens antara Polisi dan masyarakat. Hal ini akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan keamanan, ketertiban, dan kenyamanan di wilayah hukum Polsek Peureulak, serta memperkuat kerjasama antara Kepolisian dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis. Terang Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar, S.H. (Lintang).

[ad_2]

Source link