DPR RI Sahkan RUU Desa Jadi UU, Kini Masa Jabatan Kades 8 Tahun

DPR RI sahkan RUU Desa perubahan kedua atas UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa menjadi UU. (Foto: Ist).

AcehNetWork.Com, Aceh Timur | Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Desa menjadi Undang-Undang (UU).

Rapat itu langsung dipimpin oleh Ketua DPR  RI, Puan Maharani yang dilaksanakan di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Pengesahan keputusan itu digelar dalam rapat paripurna pembicaraan tingkat II. Tampak hadir disana Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dan Lodewijk F Paulus.

Dilihat divideo akun DPR RI, mulanya Ketua Baleg DPR RI, Supratman Andi Agtas menyampaikan terkait laporan pembahasan RUU Desa bersama pemerintah.

Setelah itu, Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta persetujuan kepada seluruh fraksi yang hadir untuk mengesahkan RUU Desa menjadi produk hukum.

Baca juga: Siswa Aceh Timur Lewat PTN Jalur SNBP Tahun 2024 Meningkat, Kacabdisdik: Berkat Kerja Keras Pihak Sekolah

“Apakah Rancangan Undang-Undang tentang Desa dapat disetujui untuk disahkan menjadi undang-undang?” tanya Puan kepada peserta sidang paripurna.

“Setuju,” jawab peserta sidang yang di diikuti dengan ketukan palu pengesahan.

Baca juga: Kapolda Aceh Bakal Tindak SPBU Nakal

Diketahui, bahwa revisi UU Desa ini telah disetujui tingkat I dalam rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada bulan Februari lalu.

Salah satu poin krusial dalam revisi UU Desa itu kini mengatur tentang masa jabatan kepala desa (kades) dari 5 tahun menjadi 8 tahun dan maksimal 2 periode.