Dirbinmas Polda Aceh Supervisi dan Asistensi Fungsi Binmas di Polres Aceh Timur

[ad_1]

MPNews, Aceh Timur-Polres Aceh Timur pada, hari Sabtu, (21/10/2023) siang kedatangan Tim Supervisi Dan Asistensi Fungsi Binmas Ditbinmas Polda Aceh yang dipimpin langsung oleh Dirbinmas Polda Aceh Kombes Pol Drs. Sugeng Hadi Sutrisno didampingi Kasubdit Bin Polmas Dit Binmas Polda Aceh AKBP Hamidi, S.H.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Bhara Daksa ini dilaksanakan dalam rangka supervisi dan asistensi pelaksanaan kegiatan tupoksi Binmas di Polres Aceh Timur.

“Kedatangan kami ini untuk memberikan sosialisasi terkait tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Binmas kepada sejumlah personil Polres Aceh Timur yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas dan Polisi RW/Dusun,” ujar Dirbinmas.

Menurutnya, kegiatan Supervisi dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi kinerja Bhabinkamtibmas dan Pemolisian Masyarakat (Polmas) Polisi RW/Dusun dalam melayani masyarakat.

“Program ini merupakan keputusan dari Kapolri mengenai kegiatan Polisi RW yang harus dilaksanakan oleh Polda, Polres dan Polsek jajaran,” sebut mantan Kabag Anev Biro PID Div Humas Polri ini.

Dikatakan, Kapolda Aceh mempunyai kebijaksanaan salah satunya terkait peningkatan kinerja Polisi RW atau Dusun serta peningkatan kinerja dan sinergi tiga pilar Plus yaitu Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Polisi RW seta plus dari tokoh masyarakat. Selain itu, progam Jumat curhat atau minggu kasih juga menjadi fokus pimpinan yang harus dijalankan dengan baik.

“Salah satu inovasi Dirbinmas Polda adalah sambang curhat, kehadiran Polisi RW/Dusun diharapkan hadir dan tampil tengah-tengah masyarakat, berdialog dan mendengarkan curhat masyarakat serta menindak lanjutinya secara berjenjang,” sambung Dirbinmas.

Pihaknya berpesan agar Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Polisi RW harus saling kenal dan bersinergi dalam bertugas menciptakan lingkungan yang harmonis, aman, tertib dan damai. 

Disebutkan, tugas polisi RW/Dusun yaitu melakukan screening pada wilayah tempat tinggalnya, mendatangi RW/Dusun atau para tokoh, mengetahui jumlah penduduk diwilayahnya, dan mendata setiap potensi gangguan yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan akan dapat meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi antara Polisi dengan masyarakat, yang dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat melalui kegiatan Asistensi Pemolisian masyarakat yang rutin dilakukan Polisi RW/Dusun di lapangan.” Terang Dirbinmas Polda Aceh Kombes Pol Drs. Sugeng Hadi Sutrisno. 

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya; 3. Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K.,S.H.,M.H. diwakili Kabag SDM Kompol Marzuki; Kasat Binmas Polres Aceh Timur AKP Muhammad Daud, S.H; Kasat Satsamapta Polres Aceh Timur IPTU Teuku Nasli, S.H; Kasubbagdalops Bagops Polres Aceh Timur AKP Mustafa, S.H; Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar, S.H; Kapolsek Darul Ihsan IPTU Alizar; Kapolsek Peudawa IPDA Hendra Kurniawan; Kapolsek Peureulak Barat IPDA Dede Moerdhany, S.H.; Kapolsek Idi Tunong IPDA Jasman, S.Sos.; Kapolsek Idi Rayeuk Diwakili Kanit Samapta IPDA M. Tamam.; KBO Satbinmas Polres Aceh Timur IPDA Antonius M.; Para Kanit Binmas Polsek Jajaran Polres Aceh Timur Perwakilan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres aceh Timur; Perwakilan Babinsa Kodim 0104/Atim; Perwakilan Polisi RW/Dusun dalam jajaran Polres Aceh Timur. (Lintang).

[ad_2]

Source link