Dinding Beton Pengaman Tebing Sungai di Paya Laot Patah Dihantam Banjir

[ad_1]

LINEAR.CO.ID | ACEH BARAT DAYA – Dinding pengaman tebing saluran air di areal persawahan Paya Laot, Desa Lhueng Baroe Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) patah dihantam luapan air akibat intensitas hujan tinggi.

Amir salah seorang petani, Senin (25/12/2023), menyebutkan, pengaman tebing saluran sekunder tersebut dibangun setahun yang lalu tepatnya sekitar bulan November tahun 2022 dengan menggunakan anggaran kabupaten.

Tujuannya, untuk meluruskan posisi saluran air yang sebelumnya berbentuk patahan. Sehingga, arus air terhambat dan menciptakan banjir luapan ke areal persawahan petani setempat.

Upaya itu dilakukan pemerintah daerah demi membantu para petani agar tidak mengalami gagal panen lantaran sawah mereka kerap terendam banjir luapan dari saluran. Terkadang genangan air dalam areal persawahan petani setempat bisa berhari-hari.

Sehingga, pada tahun 2022, pemerintah daerah berinisiatif meminta sedikit tanah sawah petani sekitar saluran untuk meluruskan tali air tersebut agar tidak ada lagi patahan yang menghambat laju air.

“Alhamdulillah, upaya itu tidak sia-sia dan saluran yang selama ini menjadi ancaman serius terhadap hasil panen padi petani di Paya Laot akhirnya terpecahkan.

Namun kini petani mulai kembali cemas, pasca dinding pengaman tebing saluran itu patah bahkan ada yang sudah amblas ke dalam saluran. Dikhawatirkan, tanah sawah disekitar tebing yang telah rusak lambat laun akan digerus air hingga menyebabkan erosi.

Kalau tidak segera dilakukan perbaikan, pasti akan mendatangkan masalah baru lagi bagi petani di areal persawahan ini,” katanya.

Dia berharap, dinding saluran yang telah rusak dapat segera diperbaiki mengingat sawah di lokasi itu merupakan sumber mata pencaharian warga sekitar.

Pihaknya berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah meluruskan saluran itu. Tapi, semestinya dinding pengaman tebing tersebut juga harus dibangun kokoh agar tidak rusak diterjang arus air.(*)

[ad_2]

https://linear.co.id/