Bhabinkamtibmas Polsek Peureulak Polres Aceh Timur Ajak Warga Peduli Lingkungan

[ad_1]

Aceh Timur-Salah satu upaya dalam rangka mencegah terjadinya banjir Bhabinkamtibmas Polsek Peureulak Bripka Mahazir, S.H. mengimbau warga agar tidak membuang sampah sembarangan di aliran sungai.

“Di wilayah Kecamatan Peureulak sampai saat ini tidak terjadi bencana alam banjir, namun kita semua tidak boleh berdiam diri harus berusaha menggugah kesadaran masyarakat pentingnya mencegah terjadinya bencana alam banjir,” ujar Bripka Mahazir saat ngopi bersama warga Gampong Keude, Kamis, (16/11/2023).

Menurutnya, kesadaran masyarakat sangat diperlukan guna mencegah terjadinya banjir terutama saat puncak musim hujan saat ini.

“Kebiasaan warga yang sering membuang sampah sembarangan salah satu dari beberapa yang menyebabkan terjadinya banjir. Meski nampak tidak mempengaruhi apa-apa, tapi kenyataannya membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan sungai menjadi dangkal,” ujar Bripka Mahazir.

Sementara itu Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar, S.H. menyebutkan, selain berpotensi mengakibatkan banjir, bahwa membuang sampah menyebabkan kedangkalan sungai, sehingga air tidak dapat mengalir sebagaimana mestinya menuju muara sungai.

“Bila itu terjadi dapat menyebabkan genangan air di mana-mana, dan ini bisa menyebabkan penyakit terutama demam berdarah. Karena air yang tergenang sangatlah mudah menjadi sarang jentik nyamuk. Tak bisa dipungkiri lagi bahwasanya kasus yang disebabkan oleh demam berdarah dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu marilah kita menyadari, bahwa betapa pentingnya menjaga kebersihan. Untuk itu, marilah kita buang sampah pada tempatnya.” Terang Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar, S.H. (Lintang).


Post Views: 4

[ad_2]

https://linear.co.id/