Banyak Ruas Jalan di Abdya Rusak Akibat Galian Pipa Air Minum

[ad_1]

LINEAR.CO.ID | ACEH BARAT DAYA – Sejumlah titik jalan di kecamatan Blangpidie dan Susoh kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) rusak akibat galian pipa Air minum. Hal itu sempat dikeluhkan warga lantaran kondisi jalan yang tidak rata akibat bekas galian pipa di bahu jalan. Sabtu (21-10-2023)

Direktur PDAM Gunoeng Kila, Rosi Padedi SST saat dijumpai diruangannya mengatakan akan memperbaiki jalan tersebut.

Kata Rosi, proyek galian pipa air minum masih berlangsung. Rosi mengaku proses pengaspalan bahu jalan rusak akibat galian pipa air minum segera dilakukan jika pekerjaan sudah 100 persen siap.

“Saat ini mereka masih melakukan pemadatan di lokasi galian sehingga belum kunjung mengaspal ruas jalan bekas galian”. Kata dia

Dia menyebutkan, pengaspalan dilakukan setelah pemasangan pipa selesai. Ia meyakinkan bahwa belum adanya perbaikan ruas jalan rusak akibat galian bukan karena ada kesengajaan memperlambat. Namun, katanya ingin memastikan bahwa pipa yang terpasang sudah siap.

“Selain itu juga, untuk memperbaiki jalan rusak itu kami harus menunggu hasil uji alir. Karena uji alir itu adalah berfungsi untuk mengetahui sejauh mana jaringan-jaringan pipa yang baru diperbaiki atau dipasang baru itu, dipastikan sudah tidak ada kebocoran. “Kalau sudah clear, alias tidak ada kebocoran, barulah dilakukan perbaikan jalan, pengaspalan dan yang lainnya,” tegas Rosi

Rosi menyebutkan, galian pipa itu ada yang menggunakan sumber kegiatan anggaran APBK, DAK dan APBN.

” PDAM menggunakan anggaran APBN sisanya PUPR. Setahu saya yang rapi pekerjaan hanya APBN, karena setelah digali lubang itu langsung ditutup dan dilakukan pemadatan, sebelum pengetesan nanti, apakah ada kebocoran atau tidak”. Sebut Rosi

Sementara itu kepala Bidang Cipta Karya dan Penataan Ruang Jufriadi ST saat dihubungi mengatakan, galian yang menyebabkan jalan rusak nantinya akan di perbaiki kembali.

” Kita saat ini belum bisa lakukan pengaspalan karena untuk lakukan pemadatan terlebih dahulu,”. Setelah galian itu selesai baru lakukan pemadatan baik cor maupun pengaspalan”.(*)


Post Views: 11

[ad_2]

https://linear.co.id/