Amankan Pencuri Peralatan Rumah, Polsek Langsa Kota Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Polsek Langsa Kota Polres Langsa amankan KN (21) diduga mencuri peralatan rumah milik Erwita. (Foto: Humas Polres Langsa).

ACEHNETWORK.COM | Seorang pemuda inisial KN (21) warga Gampong Daulat Kecamatan Langsa Kota, diamankan Unit Reskrim Polsek setempat.

KN diamankan di jalan Mahsyatsyah tepatnya di depan masjid Gampong setempat pada Rabu (15/5/2024) sekira pukul 01:00 WIB. Ia diduga melakukan pencurian peralatan rumah warga.

“Pelaku mencuri peralatan rumah tangga milik Erwita, warga Gampong Daulat pada

Selasa 30 April 2024 lalu sekira pukul 23.30 WIB,” kata Kapolres Langsa, AKBP Andy Rahmansyah melalui Kapolsek Langsa, Iptu Mulyadi, kepada AcehNetwrok.com pada Kamis, 16 Mei 2024.

Kapolsek menjelaskan, pengungkapan itu berawal dari laporan korban. Kemudian, petugas melakukan penyelidikan, dari keterangan korban serta keterangan saksi-saksi diduga pelaku adalah KN.

Selanjutnya, Unit Reskrim Polsek Langsa melakukan penyelidikan lebih lanjut serta mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku dan akhirnya berhasil diringkus.

Selain mengamankan pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti peralatan rumah tangga, seperti satu buah ambal, 20 lusin piring, 50 buah tuperware, sembilan buah toples kueh kristal dan beberapa lainnya.

“Kepada petugas, KN mengakui perbuatannya. Kini barang bukti beserta pelaku diamankan di Polsek Langsa untuk dilakukan proses lebih lanjut,” terang Kapolsek.

baca juga: Tidak Berkaitan dengan Peningkatan Mutu, Disdikbud Aceh Barat Larang Pihak Sekolah Gelar Wisuda

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan keamanan di lingkungan tempat tinggal maupun tempat kerja masing-masing.

Iptu Mulyadi juga berharap kerja sama  antara warga dan kepolisian dalam memberantas pencurian dan hal-hal yang menggangu ketertiban masyarakat atau perbuatan melawan hukum lainnya.

“Kami meminta warga untuk tidak segan melapor kepada pihak kepolisian terdekat jika melihat atau mendengar hal-hal yang mencurigakan. Partisipasi aktif dari masyarakat sangat membantu kami dalam mengantisipasi dan mencegah tindakan kriminal di wilayah ini,” pinta Kapolsek.

baca juga: Kemendikbudristek Tetapkan Tarian Langsir dari Aceh Singkil sebagai WTTB

Pihaknya, sambungnya, akan terus berupaya mengoptimalkan patroli dan pengawasan untuk meningkatkan keamanan masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan keamanan di Kecamatan Langsa kota. Namun, kami juga membutuhkan dukungan dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat,” harapnya.

baca juga: KIP Aceh Singkil Resmi Lantik 55 Anggota PPK Terpilih

Kapolsek menegaskan, bahwa setiap tindak kriminal yang terjadi akan ditangani dengan serius demi menjaga ketertiban, keselamatan dan keamanan warga.

“Saya berharap kejadian ini menjadi pelajaran berharga dan meningkatkan kesadaran semua pihak akan pentingnya keamanan bersama,” pungkas Kapolsek.