22 Desa di Abdya Dikepung Banjir

[ad_1]

LINEAR.CO.ID | ACEH BARAT DAYA – Hujan deras yang mengguyur kawasan Aceh Barat Daya (Abdya) sejak Senin sore hingga malam menyebabkan air dari sejumlah sungai di kabupeten setemlat meluap ke pemukiman warga. Senin, (16/10/2023)

Kepala Dinas Sosial Aceh barat daya Drs, Yusan Sulaidi melalui Kepala Bidang Perlindungan Jaminan sosial (Kabid Linjamsos) T.M Kudus, SE mengatakan bahwa saat ini ada sekitar 22 desa yang terdampak banjir luapan, hal itu bedasarkan data yang peroleh dari hasil Asesment dilapangan oleh petugas sosial yaitu Taruna siaga bencana (TAGANA) dan juga info dari relawan sahabat Tagana Gampong.

” Ya benar ada sekitar 22 desa yang dilanda banjir luapan berdasarkan petugas kita dilapangan yaitu TAGANA dari 9 (sembilan) Kecamatan hanya 4 (empat) Kecamatan yang terdampak, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa hanya saja rumah masyarakat tergenang air ” kata T.M Kudus.

Hasil pantauan dilapangan banjir juga menggenangi sebagian jalan nasional di desa Suak Nibong sehingga kenderaan roda 4 dan roda 2 hampir tidak bisa dilewati, namun demikian petugas dari Polsek Kecamatan Tangan tangan dibantu oleh anggota Koramil serta relawan tagana Gampong ikut serta secara bersama mengarahkan arus lalu lintas agar tetap lancar.

” Hujan kali ini cukup deras sehingga banyak sekali rumah dan lahan persawahan warga terendam oleh air, kita segera berharap air cepat surut,” kata Azharida S.E sekretaris pada dinas sosial kabupaten Aceh barat daya yang turut serta dalam memantau wilayah yang terdampak banjir.

Berikut data desa sementara hasil assesment TAGANA ABDYA yang terdampak banjir :
*Kecamatan Lembah Sabil*
1. Desa merandeh
2. Desa Tokoh Il.
3. Desa Alurambot
4. Desa Ladang Tuha I
5. Desa Menasah sukon
6. Desa Sukadamai
*Kecamatan Manggeng*
1. Desa seuneulop
2. Desa Sejahtera

*Kecamatan Tangan tangan*
1, desa drien jalo
2, desa Bineh Krueng
3, desa Padang Kawa
4, desa mesjid
5, desa Pante geulumpang
6, desa adan
7, desa Suak nibong
8, desa Suak labu
9,Desa Kuta bak drien
*Kecamatan Setia*
1.Gampong Cinta Makmur 2.Gampong Tangan Tangan Cut 3.Gampong Alue dama
*Kecamatan Kuala Batee*
1 deaa.Alue pade terendam
2.desa Lhueng Geulumpang.(*)

[ad_2]

https://linear.co.id/