Walah, Lukisan Senilai Rp150 Miliar Ini Robek Ditinju Pengunjung

  • admin

Lukisan robek berusia 130 tahun bernilai US$ 12 juta setara Rp 150 miliar berhasil diperbaiki. Lukisan ini memang begitu mahal karena merupakan karya impresionis ternama Perancis Claude Monet.

Robeknya lukisan langka ini terjadi usai seorang pria Irlandia bernama Andrew Shannon menonjoknya hingga bolong di pertengahan 2012. Kala itu lukisan tengah dipamerkan di Galeri Nasional Irlandia di Dublin.

Akibat perbuatannya, pengadilan menjebloskan Shannon dalam penjara selama 5 tahun pada tahun lalu.

Kini, lukisan berjudul Argentuil Basin with a Single Boat ini telah berhasil direstorasi seperti sedia kala.

Galeri Nasional Irlandia kemudian menunjukkan proses restorasi lukisan tersebut yang memakan waktu hingga 18 bulan. Setelah diturunkan dari ruang pamer, lukisan itu dilepas dari frame-nya.

Pekerja restorasi kemudian memberi pelindung pada bagian depan lukisan karena pekerjaan perbaikan yang sebenarnya dilakukan pada bagian belakangnya.

Untuk bagian canvas yang sobek, pekerja restorasi berhasil menyambungkan lagi. Namun untuk warna cat yang hancur mereka harus menggunakan mikroskop. Hal itu dilakukan agar bisa mengerjakan perbaikan yang detail, termasuk melapisi area yang kehilangan warna dengan lem khusus dan mewarnainya ulang menggunakan cat air.

Semua bahan yang digunakan dalam restorasi adalah bahan alami dan mudah dilepas tanpa merusak cat asli, jika memang perlu dilakukan perbaikan lagi. | sumber: dream.co.id

related posts