Partai Aceh Raih 29 Kursi DPRA

DARI 81 kursi DPRA yang diperebutkan 15 partai politik peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di Aceh, 29 kursi di antaranya diraih Partai Aceh (PA). Meski masih mayoritas, namun kursi PA berkurang empat dibanding hasil Pileg 2009 sebanyak 33 kursi dari 69 kursi yang diperebutkan waktu itu.

Data yang dihimpun Serambi dari KIP Aceh merincikan, urutan kedua perolehan kursi terbanyak hasil Pileg 2014 setelah PA adalah Partai Golkar sebanyak 9 kursi atau bertambah 1 kursi dibanding hasil Pileg 2009.

Selain Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) juga terjadi penambahan kursi dari 5 menjadi 7. Begitu juga Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bertambah dari 4 menjadi 6 kursi.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bertahan 4 kursi atau sama dengan PDA, PKB, PBB, dan PKPI yang masih tetap masing-masing 1 kursi.

Partai Demokrat pada Pileg 2014 hanya meraih 8 kursi atau berkurang dua kursi dari sebelumnya. Yang sangat mengejutkan, Partai NasDem sebagai pendatang baru meraih 8 kursi.

Parpol lainnya yang juga pendatang baru adalah partai lokal PNA (Partai Nasional Aceh). Namun PNA hanya mampu meraih 3 kursi sama seperti perolehan Partai Gerindra yang juga 3 kursi. Sedangkan Partai Hanura dan PDIP belum memperoleh kursi DPRA.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan rekapitulasi penghitungan perolehan suara calon anggota DPR, DPD dan DPRA yang berlangsung mulai 22 hingga 26 April 2014 di Gedung Utama DPRA. “Tanpa dukungan penuh dari seluruh penyelenggara pemilu, tentunya tidak mungkin bisa berjalan seperti saat ini, lancar, aman, dan damai,” kata Ridwan.

Ridwan juga mengatakan, pihaknya merasa sangat lega karena tahapan Pileg 2014 sudah sampai puncaknya yaitu penyelesaian penghitungan seluruh perolehan suara, mulai dari DPD, DPR, DPRA, dan DPRK untuk tingkat kabupaten/kota.

Jumlah suara sah yang masuk dari 23 kabupaten/kota untuk perolehan suara caleg DPR, DPD, DPRA sekitar 2,3 juta suara. Menurut Ridwan, jika dibandingkan dengan jumlah daftar pemilih 3,3 juta orang, partisipasi masyarakat untuk memberikan suaranya dalam Pileg 2014 relatif tinggi, karena persentasenya mencapai 70 persen. | sumber: serambinews.com

related posts