Pabrik Es dan Pengolahan Ikan Siap Beroperasi di Lampulo

PABRIK es dan pengolahan ikan akan segera beroperasi di Lampulo. Kehadiran pabrik ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi para nelayan Aceh.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh, Iskandar, melalui siaran persnya kepada Atjehpost.Co, Senin malam, 1 September 2014.

“Awal 2014, PT. Aceh Lampulo Jaya Bahari (ALJB) telah meresmikan peletakan batu pertama pembangunan pabrik es dan pengolahan ikan di Pelabuhan Lampulo. Kini setelah menunggu beberapa bulan, proses pengerjaan fisik bangunan mulai menampakkan hasil,” ujar Iskandar.

Menurutnya, informasi ini diketahui setelah tim dari Badan Investasi dan Promosi (BIP) Aceh berkunjung ke lokasi.

Di lokasi, kata dia, terlihat para pekerja sibuk dengan rutinitasnya masing-masing di atas tanah seluas 2 hektare tersebut. Beberapa rangka baja dan pondasi juga telah siap untuk didirikan bangunan dari anak perusahaan PT. Medan Tropical Canning dan Frozen Industries.

“Hal ini telah mengindikasikan keseriusan dari pabrik pengalengan ikan dari Medan untuk beroperasi di Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, kata Iskandar, Abu Bakar selaku pemasok ikan untuk PT. Medan Tropical Canning dan Frozen Industries juga membawa tim berjalan-jalan di seputaran lokasi proyek untuk mengecek proses pengerjaan dari para tukang.

Direncanakan pembangunan ini secara bertahap, untuk tahap awal hanya seluas 2 hektare dan selanjutnya dilebarkan 2 hektare lagi.

“PT. ALJB dijadwalkan akan mendirikan Cold storage dan pengolahan ikan setengah jadi pada 2014 dan nantinya pada tahun 2015 akan ditambah dengan pembangunan pabrik pengalengan ikan,” kata Iskandar.

“Tentu investasi ini diharapkan dapat sukses dan memberi dampak positif baik untuk masyarakat Aceh dan nelayan pesisir Lampulo pada umumnya,” ujar dia lagi.

related posts