Ketua DPRK Aceh Utara: Banjir Langkahan Akibat Pembalakan Liar

  • admin

KETUA DPRK Aceh Utara, Ismail A Jalil alias Ayah Wa mengatakan, banjir di Kecamatan Langkahan diakibatkan maraknya pembalakan liar. Alhasil hutan menjadi gundul dan terjadi erosi.

Kepada atjehpost.co saat melihat langsung kondisi banjir di Langkahan, Ayah Wa menyebutkan, banjir di Aceh Utara sudah menjadi langganan setiap tahunnya. Saat ini pihaknya telah menerima laporan sudah lima kecamatan yang terendam banjir. Masing – masing, Kecamatan Lhoksukon, Cot Girek, Matangkuli, Tanah Jambo Aye dan Langkahan.

“Kita datang untuk meninjau langsung lokasi banjir. Kita harus mengetahui dulu apa penyakitnya, baru setelah itu kita tahu apa obatnya. Kita serius menangani masalah ini,” ujarnya.

Dikatakan Ayah Wa, jika memang dilakukan penebangan hutan, sebaiknya juga ditanam pohon yang baru. “Jangan main tebang-tebang saja,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Aceh Utara, Jailani di lokasi yang sama mengatakan, pihaknya datang bersama kalangan DPRK Aceh Utara untuk memberikan bantuan masa panic kepada korban banjir.

Ia merincikan, untuk Leubok Pusaka, pihaknya menyalurkan 10 sak beras, 20 kilogram gula pasir, 10 kilogram minyak goreng, 20 dus mie instan, 20 dus air mineral, popok bayi (pampers), dan 40 helai selimut.

Sedangkan untuk Desa Buket Linteung sebanyak 3 ton beras, air mineral, gula pasir, minyak goreng, mie instan dan selimut.

“Di Kecamatan Lhoksukon sudah ada Tagana untuk mendata jumlah korban banjir. Dilaporkan sebagian warga sudah mengungsi ke rumah kerabatnya yang lebih tinggi. Sementara di Kecamatan Matangkuli belum ada yang mengungsi,” ujar Jailani.

Dalam kunjungan itu turut serta Wakil DPRK Aceh Utara, Abdul Muthalib alias Taliban dan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Mawardi.[]

related posts