Ini Situs Tsunami Favorit Turis Asing di Banda Aceh

  • admin

Situs tsunami Kapal PLTD Apung di Kecamatan Meuraxa menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Banda Aceh. Data terbaru yang dikeluarkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh, selama Januari 2014 ada sekitar 743 turis asing yang berkunjung ke sana. Pada Februari 2014 jumlahnya meningkat menjadi 1.090 orang.

Selain PLTD Apung, wisatawan mancanegara juga banyak yang mengunjungi situs Boat di Atas Rumah di Lampulo. Tercatat selama Januari dan Februari jumlah turis asing yang datang ke sana mencapai angka di atas enam ratus orang.

Turis-turis tersebut berasal dari sejumlah negara di antaranya Malaysia, Prancis, Austria, Maroko, Jerman, Amerika, Thailand, Kanada dan lainnya.

Selain turis asing, PLTD Apung juga jadi favorit wisatawan nusantara (wisnu). Pada Januari 2014 misalnya, tercatat ada sekitar 39.631 wisnu yang berkunjung ke sana. Namun jumlah ini menurun drastis pada Februari 2014 yang hanya mencapai 26.686 pengunjung.

Selain situs tsunami wisatawan yang datang ke Banda Aceh umumnya juga berwisata religi. Salah satu lokasi yang menjadi tujuan wisatawan adalah Makam Syiah Kuala. Selama Januari makam ini dikunjungi 2.193 wisnu dan 277 wisman. Sedangkan pada Februari 2014 ada 2.408 wisnu yang berkunjung. Jumlah wisman yang berkunjung ke Makam Syiah Kuala pada Februari 2014 juga meningkat menjadi 289 orang.[]

related posts