DPR Aceh Minta Bendera Aceh Segera Berkibar

DEWAN Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh meninta eksekutif untuk segera mengibarkan bendera Aceh. Pasalnya, keberadaan bendera dan lambang Aceh dinilai sudah sah secara hukum.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Badan Legislasi DPR Aceh, Abdullah Saleh, kepada ATJEHPOSTcom, Selasa 5 Agustus 2014.

“Soal bendera dan lambang Aceh sebenarnnya sudah clear. Sudah tidak ada masalah lagi, baik secara hukum maupun secara politis,” ujar Abdullah Saleh.

Menurutnya, secara landasan hukum juga memiliki kekuatan kuat, yaitu dasar UUPA dan dijabarkan dalam qanun Aceh. Qanun itupun walau sempat dipersoalkan oleh Kemendagri, tetapi setelah menndapat penjelasan dari Tim Aceh, mereka (Kemendagri-red) tidak sampe membatalkan qanun ini yang sempat terjadi cooling down untuk sementara waktu.

“Sekarang ini cooling down-pun sudah selesai dan tidak diperpanjanng lagi sejak 16 Juni yang lalu. secara legal formal sudah sah tinggal kibarkan,” ujar politisi Partai Aceh ini lagi.

DPR Aceh, ujar dia lagi, juga sudah menyiapkan tiang Bendera yang bergandengan dengan tiang bendera Merah Putih.

“Kita sudah mendesak Gubernur Aceh untuk menyiapkan tiang bendera di setiap kantor instansi pemerintah di Aceh, sehingga pada saat kebijakan pengibaran bendera nantinya dilaksanakan secara serentak tidak ada alasan lagi tiang bendera belum disipkan. Rakyat sudah sering menanyakan kapan Bendera Aceh dikibarkan? Saya meminta masyarakat bersabar menunggu dan Insyaalah akan kita kibarkan!” ujar Abdullah Saleh.

related posts