Beberapa Hal yang Perlu Kamu Tahu Jika Ingin Jadi Polwan

Sebagai seorang abdi negara polisi memang bertugas untuk menjaga keamanan negara, mengatur ketertiban dan juga menegakkan hukum.

Namun dalam menjalankan tugas-tugas itu tidaklah semudah yang dibayangkan. Menjadi seorang polisi tidak cukup hanya dengan mengandalkan kondisi fisik yang baik saja.

Tapi juga harus pintar dan cekatan, ini akan membuat mereka selalu siap di segala kondisi. Termasuk dalam keadaan darurat yang bisa mengancam keselamatan jiwa.

Beratnya tanggung jawab yang diemban seorang polisi tidak menyurutkan putra-putri bangsa yang ingin mengabdi pada negaranya.

Jika kamu salah satu putra bangsa yang tertarik untuk menjadi seorang polisi, khususnya polisi wanita. Beberapa kebiasaan yang dilakukan Kasubbag Humas Polresta Banda Aceh Ipda Rina Bintar Handayani SIK, bisa kamu tiru. Ipda Rina juga memberi tahu beberapa tahapan yang biasanya dilalui seseorang yang ingin masuk kepolisian. (Lihat: Hijaber Cantik Ini Kasubag Humas Polresta Banda Aceh Lho!)

"Ada dua hal yang perlu dijaga ketika sedang mengikuti masa pendidikan yaitu fisik dan mental yang wajib diperhatikan. Salah satunya melakukan pantang terhadap makanan tertentu dan berat badan yang harus dikontrol," ujar gadis kelahiran Kudus, Jawa Tengah, 23 April 1992 kepada Atjehpost.co via telepon seluler, Selasa, 21 Oktober 2014.

Rina merincikan, adapun jenis latihan fisik yang rutin harus dikerjakan adalah lari selama 12 menit, berenang minimal sejauh 25 meter, sit up dan push up sebanyak 50 kali per menitnya.

“Itu salah satu aktivitas rutin yang harus dilakukan setiap hari, tapi usahakan jangan tergesa-gesa juga karena kita ini manusia bukan mesin,” ujarnya lagi.

Tidak hanya itu saja, Rina juga memperhatikan berat badannya. Ia mengaku akan selalu mengontrol asupan makannya sehari-hari bila merasa mulai agak sedikit gemuk dengan membiasakan diri untuk tidak konsumsi makanan berlemak dan berkolestrol tinggi, terutama di malam hari.

Rina juga menuturkan masih terus membiasakan konsumsi air putih yang banyak sehingga mampu menjaga tubuh tetap fit.

Adapun syarat yang harus ditempuh pada saat melakukan test masuk polwan terdiri dari pengecekan urine, darah, radiologi, psikotes, dan tentunya pemeriksaan khusus terkait narkoba.

"Dengan biasakan minum air putih, darah kita mengalir lancar, nggak gampang capek dan bisa konsentrasi penuh ketika latihan. Kalaupun mau ngemil aku  cukup konsumsi buah-buahan aja agar sistem pencernaan juga lancar dan mampu melawan kolestrol jahat yang bersarang dalam tubuh," ujarnya.[]

related posts