Aceh Barat Daya Banjir, Ribuan Rumah Terendam

HUJAN deras yang terjadi sejak beberapa hari terakhir menyebabkan sungai-sungai di Kabupaten Aceh Barat Daya meluap. Ribuan rumah di kabupaten tersebut tergenang air sejak Sabtu, 1 November 2014 sekitar pukul 19.00 Wib.

Berdasarkan informasi yang diterima ATJEHPOST.co, sejumlah kawasan yang mengalami banjir adalah Kota Blangpidie, Kecamatan Manggeng, Kecamatan Tangan-tangan, Kecamatan Lembah Sabil, dan Kecamatan Babahrot. Sedikitnya 115 Kepala Keluarga mengungsi akibat banjir yang melanda kawasan mereka.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, menyebutkan sedikitnya 3000 unit rumah terendam di Kecamatan Manggeng, 1000 unit di Kecamatan Tangan-Tangan, dan 2000 unit di Kecamatan Lembah Sabil.

"Sementara untuk Kecamatan Babahrot masih dalam pendataan," katanya.

Ia mengatakan banjir disebabkan meluapnya air di beberapa sungai seperti Krueng Manggeng, Krueng Tangan-Tangan, dan sungai lainnya. Ketinggian air mencapai 50 hingga 100 centimeter.

"Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, SAR dan Damkar penanganan darurat telah diterjunkan ke lokasi. Saat ini BPBD Aceh Barat Daya memusatkan kegiatan evakuasi di Kecamatan Babahrot. Pendataan masih dilakukan," ujarnya.

Di sisi lain, Sutono mengatakan adanya kendala mengevakuasi korban banjir di Aceh Barat Daya.

"Kita kekurangan personal dan peralatan. Terbatasnya perahu karet menyebabkan evakuasi terhambat, hujan juga masih turun dan gelap karena malam hari menyebabkan kendala petugas," katanya.[]

related posts