Abdullah Saleh: Mendagri Pasti Sahkan 5 Pimpinan DPR Aceh

ANGGOTA DPR Aceh, Abdullah Saleh, mengaku yakin Mendagri Tjahjo Kumolo akan mengesahkan 5 unsur pimpinan DPR Aceh. Penetapan 5 unsur pimpinan DPR Aceh ini mengacu pada Undang-undang Pemerintahan Aceh.

“Kita yakin Mendagri Tjahjo Kumolo akan setuju setelah bertemu dengan pimpinan DPR Aceh,” ujar Abdullah Saleh, kepada ATJEHPOSTco, Senin 15 Desember 2014.

Menurutnya, penetapan satu ketua dan 4 wakil ketua DPR Aceh mengacu pada UUPA. Sedangkan penjabarannya merujuk pada tata tertib DPR Aceh.“Jadi ini jelas. Tak ada pertentangan dengan undang-undang,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan,Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), memberikan sinyal kuat bakal menolak keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) yang menetapkan pimpinan dewan berjumlah lima orang, terdiri satu ketua empat wakil ketua, dalam sidang paripurna yang berlangsung, Jumat malam lalu 5 Desember 2014.

Dikutip dari rakyataceh.co, Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kemendagri Reydonnyzar Moenek mengingatkan, bahwa penetapan jumlah pimpinan DPRD berkaitan dengan masalah hak keuangan dan protokoler mereka.

Jika penetapan jumlah pimpinan dewan bertentangan dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), maka berarti hak keuangan dan protoker tidak bisa diberikan kepada para pimpinan dewan.

“Jika melanggar peraturan perundang-undangan, maka secara otomatis hak keuangan dan protokoler mereka tidak bisa diberikan,” ujar Reydonnyzar.[]

related posts