Wakil Bupati Pidie Panggil 23 Camat Terkait Pajak Bumi Bangunan

SIGLI - Wakil Bupati Pidie, M Iriawan memanggil 23 camat di Kabupaten Pidie pada Selasa 18 Desember 2012. Pemanggilan ini terkait menggenjot Pajak Bumi Bangunan (PBB) di kabupaten setempat.

Kepada ATJEHPOSTcom, M. Iriawan mengatakan pemanggilan tersebut terkait belum tercapainya target 100 persen pemasukan PBB untuk tahun 2012, sebesar Rp1,5 miliar.

"Padahal waktu tinggal beberapa hari lagi akhir tahun. Saya minta kepada para camat untuk dapat mencapai target 100 persen dalam waktu dekat ini,” ujar dia.

Menurut dia, dari 23 kecamatan ada tiga diantaranya yang masih minim pemasukan. Ketiga kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Kota Sigli, Kecamatan Pidie dan Kecamatan Mutiara. Sementara kecamatan lain, kata dia, rata-rata mencapai target.

Berdasarkan pertemuan tersebut, Iriawan menjelaskan kendala yang dihadapi oleh para camat karena masih kurangnya kesadaran dari para wajib pajak untuk melunasi kewajibannya.

Selama 2 tahun terakhir yaitu 2011 dan 2010, pemasukan PBB kabupaten Pidie mencapai target 100 persen. Sehingga mendapat insentif dari pusat sebesar Rp3 miliar.

"Makanya kita meminta untuk tahun ini juga mencapai target agar mendapat insentif dari pusat dan insentif tersebut akan dikembalikan ke kecamatan," ujar dia.

Selain itu, Iriawan mengatakan untuk tahun 2014 mendatang PBB akan dikelola langsung oleh daerah sepenuhnya.[bna]

related posts