Siapa Calon Kuat Penjabat Walikota Lhokseumawe?

LHOKSEUMAWE- Masa jabatan Wali Kota-Wakil Wali Kota Lhokseumawe Munir Usman-Suaidi Yahya berakhir 5 Maret 2012 atau 13 hari lagi. Nama calon Penjabat Wali Kota Lhokseumawe pun bermunculan. Siapa saja mereka?

Mulanya mencuat tiga nama pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Lhokseumawe yang diusulkan oleh pimpinan DPRK Lhokseumawe ke Gubernur Aceh untuk calon Pj Wali Kota. Tiga pejabat itu adalah Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Lhokseumawe Dasni Yuzar, Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Lhokseumawe T Adnan dan Sekretaris DPRK Lhokseumawe Badruddin Ishak.

“Kami merekomendasikan tiga nama ini karena mereka yang terbaik atau layak menjadi Pj untuk menjalankan roda pemerintahan dan menyukseskan pilkada sampai terpilih wali kota-wakil wali kota definitif nantinya,” kata Ketua DPRK Saifuddin Yunus alias Pon Pang awal Februari lalu.  Ia mengaku telah mengantar rekomendasi itu ke Gubernur Aceh untuk diteruskan kepada Mendagri.

Usulan pimpinan DPRK terkait tiga nama itu sempat mengundang reaksi protes dari kalangan anggota DPRK. Sebab, ketua dan wakil ketua DPRK dituding tidak melibatkan anggota dewan maupun fraksi-fraksi guna membahas nama-nama calon Pj Wali Kota yang akan diusulkan ke Gubernur Aceh.

“Meski tiga nama yang diusulkan itu tergolong baik, tapi tetap saja tidak bisa dikatakan mewakili aspirasi masyarakat Kota Lhokseumawe. Karena pimpinan dewan tidak membahas usulan tiga nama itu dengan fraksi-fraksi yang ada di dewan,” kata anggota DPRK Lhokseumawe Jailani Usman kepada The Atjeh Post, belum lama ini.

Setelah pimpinan DPRK mengirim tiga nama itu ke provinsi, belakangan beredar kabar bahwa Wali Kota Lhokseumawe Munir Usman juga mengusulkan nama calon Pj Wali Kota ke Gubernur. “Pak Wali mengusulkan Pak Sekda (Arifin Abdullah, Sekretaris Daerah Lhokseumawe saat ini) untuk calon Pj Wali Kota,” kata satu sumber di Kota Lhokseumawe, Selasa, 21 Februari 2012.

Tapi kabar ini dibantah oleh Wali Kota Lhokseumawe Munir Usman saat dihubungi The Atjeh Post lewat telpon selular, petang tadi, Selasa. Ia mengaku  tidak masuk ke wilayah itu. “Soal Pj Wali Kota itu hak prerogatif Gubernur,” kata Munir Usman yang kembali maju sebagai kandidat Wali Kota Lhokseumawe dalam Pilkada 2012.

Kabar lainnya yang terus berkembang di kalangan banyak pihak di Kota Lhokseumawe, mantan Sekda Bireuen Nasrullah Muhammad berpeluang besar menjadi Pj Wali Kota Lhokseumawe. Nasrullah Muhammad pernah menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aceh Utara pada masa Bupati Tarmizi A Karim. Kini isu yang beredar, nama Nasrullah Muhammad telah diusulkan ke Mendagri oleh Pj Gubernur Aceh Tarmizi Karim. Benarkah?[]

related posts