Salah Tulis Data, e-KTP di Langsa Dikembalikan ke Pusat

LANGSA – Sebanyak 73.876 e-KTP yang telah siap didistribusikan kepada masyarakat terdapat sejumlah kesalahan data seperti salah penulisan tanggal lahir. Atas kesalahan tersebut e-KTP itu ditunda dulu pendistribusiannya.

“Hanya penulisan tanggal lahirnya saja yang salah, tapi tidak banyak dan persentasenya belum kita pastikan karena saat ini masih dalam proses verifikasi perdusun di masing-masing gampong,” ujar salah seorang petugas di Kantor Camat Langsa Lama kepada The Atjeh Post, Jumat, 7 September 2012.

Menurut petugas tersebut e-KTP yang salah akan kembali dikirim ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa. Agar tak terjadi kesalahan lagi turut dilampirkan pula salinan KTP sebelumnya.

“Jika proses verifikasi sudah selesai akan langsung kami bagikan kepada warga,” jawab petugas tersebut saat ditanyakan kepastian tanggal pendistribusiannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa, Rizal Effendi, ketika ditanya langkah apa yang akan diambil terkait kesalahan identitas pada e-KTP warga, dirinya mengatakan akan secepatnya mengirimkan kembali e-KTP yang salah itu ke Pemerintah Pusat.

Dijelaskannya, berdasarkan arahan dari Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, bahwa semua pembuatan e-KTP harus selesai pada akhir Desember 2012, karena sejak Januari 2013 e-KTP sudah berlaku.

“Namun demikian apakah arahan itu terealisasi saya juga belum tau karena yang membuat e-KTP tersebut bukan kami," ujarnya.[]

related posts