Pengungsi Gempa Aceh Timur Kembali ke Desanya

  • admin

PEUREULAK - Sebanyak 376 Kepala Keluarga (KK) warga dari dua desa pesisir Aceh Timur, Kuala Bugak dan Seumatang Guda Itam dari Kecamatan Peuruelak Kota yang mengungsi ke mesjid Al Istiqomah Tjot Keh Peureulak Kota akibat bencana alam gempa bumi kemarin, telah kembali ke rumah masing-masing di desa mereka, Kamis, 12 April 2012 sekitar pukul 16.30 Wib.

Kepulangan warga pengungsi ini dilepas langsung Penjabat Bupati Aceh Timur Nasrullah Muhammad, Sekda Syaifannur , Kabag Humas dan Protokol Setdakab Samsul Qamal, serta Kasubbag Humas Eddyanto.

Penjabat Bupati dalam arahannya saat melepas kepulangan warga pengungsi ini mengharapkan agar mereka tetap tabah dan selalu dalam waspada terhadap bencana.

"Ini ujian bagi kita semua, dan tentunya tak dipungkiri warga sangat trauma apalagi khawatir bila gempa dan tsunami tahun 2004 silam terulang kembali," sebutnya.

"Namun saat ini, kondisi sudah aman, dan silahkan warga untuk kembali kerumah masing masing beraktifitas seperti biasa. Dan, kepada geuchik kedua desa, yakni Kuala Bugak Ibrahim Harun dan Seumatang Guda Itam Asnawi Syamaun untuk selalu menjaga dan memonitor kondisi warga dan desa mereka bila bencana seperti ini terulang kembali," kata Nasrullah memberikan instruksi.

Kepulangan warga ini dibantu oleh Pemkab Aceh timuer dengan menyediakan mobil dari Dinas Perhubungan.

Selain itu, untuk para pengungsi ini, Pemkab Aceh Timur melalui Bagian Kesra juga sudah menyalurkan bantuan masa panik yang diserahkan langsung di lokasi pengungsian Mesjid Tjot Keh antara lain 1,5 ton beras untuk tiga desa yang  warganya mengungsi yakni dua desa di atas dan satu lagi di kawasan Idi. selain itu, juga ada sembako lainnya, berupa gula, mie instan, biskuit, dan lainnya. []

related posts