Jualan via BBM, pegawai negeri ini dapat untung ratusan ribu sehari

KEMAJUAN teknologi membuat orang punya banyak pilihan, termasuk dalam mengelola usaha. Begitu pula menjual pakaian model terbaru, tidak perlu lagi di toko, karena sudah ada pilihan melalui media online.

Begitu pula yang dilakukan Malindayani, seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Banda Aceh. Dalam mengisi waktu luangnya ia memanfaatkan BlackBerry Messenger (BBM) menjadi media untuk berjualan, hasilnya lumayan, Linda bisa mengumpulkan uang paling sedikit Rp200.000/hari.

"Penghasilan segitu hari biasa, memasuki Ramadhan dan lebaran bisa mencapai 2-3 kali lipat," kata Linda ketika dihubnungi ATJEHPOSTcom, Kamis malam 27 Juni 2013, di Banda Aceh.

Bisnis melalui BBM yang dilakukan Linda sudah berjalan hampir setahun, dan dalam rentang waktu itu pula dia terus mengumpulkan pelanggan melalui group di BB. Sekarang pelanggan yang tergabung dalam group sudah mencapai 250 orang lebih. "Itu menyebar sampai ke Medan dan Padang, selain daerah-daerah di Aceh," kata Linda.

Anggota di group sangat bervariasi, ada yang memang pedagang, ada pula individu. Mereka tinggal melihat model busana melalui group, lalu berdiskusi, dan memesan. "Tentu orang yang bergabung di group sudah saling kenal, atau dikenalkan teman, sehingga prosesnya mudah," kata Linda.

Keunggulan penjualan busana melalui BB memang sudah teruji, terutama pada harga yang bisa menghemat hingga 30 persen, karena terbebas dari tempat. Namun, yang harus tetap dijaga adalah kepercayaan, karena di situ letak keunggulan berbisnis online.

Linda sendiri mengakui, ia memilih model pakaian berdasarkan perkembangan, dan selalu berkomunikasi dengan distributor pakaian di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung. Pengiriman dilakukan langsung oleh toko, pemesan tinggal menunggu di tempat. "Kalau pengiriman yang kita lakukan, biaya ditanggung pembeli, dan itupun masih dengan murah diterima langganan," jelas Linda.

Linda menjual berbagai jenis pakaian untuk pria dan wanita, terutama pakaian mode islami. Sekarang dirinya sedang sibuk melayani pelanggan di daerah, terutama jenis pakaian islami jelang Ramadhan. Sementara ini, pemesanan pakaian pria masih didominasi baju koko model almarhum ustadz Jeffry Al Buchari.

Begitulah Linda, niatnya akan terus mengembangkan bisnis ini, hingga nanti sampai menjadi pedagang busana online, dan bukan hanya di BB. "Insya Allah nanti kalau sudah waktunya pasti begitu, sekarang baru melalui BB dan FB aja," kata Linda yang tinggal di Meunasah Papeun, Banda Aceh. Berniat berbelanja di BB cukup invite PIN 279239e5, pasti segera terhubung.[] ihn

related posts