Gubernur: Keikhlasan Para Pihak Penting untuk Menjaga Perdamaian Aceh

BANDA ACEH – Gubernur Aceh Zaini Abdullah  menegaskan agar para pihak di Indonesia, termasuk pemerintah pusat untuk menunjukkan sikap iklas terkait perdamaian di Aceh. Sikap ini dinilai penting agar perdamaian yang sedang berlangsung di Aceh saat ini dapat berlangsung abadi dan dirasakan oleh seluruh masyarakat.

“Keikhlasan agar perdamaian Aceh dapat dinikmati oleh masyarakat dan proses pembangunan dapat diwujudkan,” ujar Gubernur Zaini ketika menerima Deputi V sekaligus Ketua Desk Aceh Kemenko Polhukam Republik Indonesia Irjen Pol Bambang Suparno beserta rombongan hari ini, Rabu, 26 September 2012, meuligoe gubernur.  

Salah satu cara untuk menwujudkan harapan ini, lanjut Doto Zaini, adalah adanya komunikasi searah antara Pemerintahan Aceh dengan pemerintah pusat.

Ke depan, kata dia, setiap kebijakan baru yang berkaitan dengan Aceh, hendaknya sesuai dengan UUPA dan perjanjian MoU Helsinki.

Sementara itu, Irjen Pol Bambang Suparno, mengatakan semua saran dan masukan dari Gubernur Aceh akan jadi perhatian khusus pihaknya.

Dia juga menilai bahwa perdamaian di Aceh saat ini sudah berjalan dengan baik.

Bambang juga sempat mengusulkan agar Desk Aceh Kemenko Polhukam untuk dapat mengakhiri tugasnya pada akhir 2012 ini. Alasannya, Pemerintah Aceh dinilai sudah mampu menjalankan tugas-tugas yang selama ini  Desk Aceh. []
 

related posts