Dua Penalti Ronaldo Menangkan Madrid

SEMPAT tertinggal 0-1, Real Madrid akhirnya memetik kemenangan 4-1 atas Athletic Bilbao dalam lanjutan liga BBVA, Minggu atau Senin (23/1/2012) dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo mencetak dua gol dari titik putih. Berkat kemenangan ini, Madrid kokoh di puncak klasemen dengan mengoleksi 49 poin atau unggul lima poin dari Barcelona.

Tampil menyerang, Madrid malah dikejutkan oleh gol cepat striker Bilbao, Fernando Llorente, pada menit ke-13. Gol berawal dari serangan cepat yang disusun Bilbao. Javi Martinez yang melakukan penetrasi di sayap kanan, melepaskan umpan ke kotak penalti. Umpan tersebut disambut dengan sepakan keras oleh Llorente. Iker Casillas hanya terpaku menyaksikan bola bersarang di gawangnya. 

Setelah gol tersebut, laga semakin sengit. Kedua tim tampak saling serang. Ricardo Kaka mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan keras pada menit ke-17. Sayang, usaha Kaka belum membuahkan hasil setelah tembakannya gagal mengenai sasaran.

Madrid terus menggempur lawannya. Perjuangan Iker Casillas dkk membuahkan hasil setelah Marcelo mencetak gol balasan pada menit ke-25. Gol tersebut berawal dari serangan yang sangat terancang. Setelah melakukan umpan satu-dua dengan Ronaldo di depan kotak penalti, Marcelo mengirimkan bola kepada Benzema. Dengan cepat Benzema mengembalikan bola kepada Marcelo. Begitu lolos dari kawalan lawan dan menguasi bola, bek asal Brasil itu melepaskan tembakan keras dan gol.

Gol tersebut sedikit-banyak membuat tim tuan rumah semakin percaya diri. Namun, bukan berarti Madrid bebas dari ancaman. Jelang turun minum, Bilbao lebih banyak mengendalikan permainan. Bahkan, gawang Madrid nyaris kebobolan pada menit ke-38. Beruntung tembakan Llorente gagal mengenai sasaran.

Cassilas pun sampai keluar jauh dari sarangnya untuk membendung Susaeta yang lolos dari jebakan offside pada menit ke-42. Meski begitu, tidak ada gol yang tercipta dari sejumlah peluang yang diciptakan oleh kedua tim hingga turun minum berakhir 1-1.

Madrid akhirnya berbalik unggul berkat gol yang diciptakan Ronaldo dari titik putih pada menit ke-47. "El Real" mendapatkan hadiah penalti setelah Kaka dilanggar Ander Iturraspe di kotak terlarang.

Tim tuan rumah kembali mendapatkan hadiah penalti setelah Mesut Oezil dijatuhkan Oscar de Marcos pada menit ke-66 di kotak terlarang. Bilbao pun harus bermain dengan sepuluh orang karena Marcos diganjar kartu merah. Ronaldo yang kembali tampil sebagai algojo sukses menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang Bilbao. 

Madrid kembali berhasil memperbesar keunggulan setelah Jose Callejon mencetak gol pada menit ke-85. Gol bermula dari serangan balik yang cepat. Higuain dengan jeli melepaskan umpan terobosan kepada Callejon. Begitu menguasi bola, Callejo melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Dari sudut sempit, ia berhasil menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang Bilbao. Gol tersebut mengunci kemenangan Madrid 4-1.

Susunan Pemain
Real Madrid:1-Iker Casillas; 4-Sergio Ramos, 19-Raphael Varane, 12-Marcelo, 17-Álvaro Arbeloa; 14-Xabi Alonso, 11-Esteban Granero (Diarra 72), 7-Cristiano Ronaldo, 10-Mesut Özil; 9-Karim Benzema (Higuain 68), 8-Kaka (21-Callejon 79)
Athletic Bilbao: 1-Gorka Iraizoz; 6-Mikel San Jose, 24-Javi Martínez, 5-Fernando Amorebieta (Ibai Gomez 62), 15-Andoni Iraola; 8-Ander Iturraspe, 10-Oscar, 21-Ander Herrera; 19-Muniaín, 9-Fernando Llorente (Gaizka Toquere 60), 14-Susaeta (Inigo Perez 69)

sumber: kompas.com

related posts