Bendera Aceh berkibar di Pante Peusangan Jangka

KENDATI terjadi polemik mengenai bendera Aceh dan diimbau untuk tidak dikibarkan, namun bendera itu terus dikibarkan warga di sejumlah daerah. Pengibaran bendera ini dilakukan dengan berbagai aksi, ada yang melakukan konvoi keliling kota dan ada pula yang mengibarkannya di tempat-tempat tertentu.

Seperti di kawasan Desa Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Bireuen, Jumat pagi 29 Maret 2013. Selembar bendera Aceh berkibar di persimpangan kawasan persawahan Desa Pante Peusangan menuju Desa Bada Barat, Kecamatan Jangka.

Bendera tersebut diikat pada sebatang kayu setinggi kurang lebih lima meter. Beberapa warga setempat mengatakan tidak tahu siapa yang memasang bendera itu.

“Tidak tahu juga siapa yang memasang, bendera itu sudah ada di sana sejak beberapa hari lalu,” ujar seorang warga sekitar yang baru pulang dari sawah.

Sebelumnya diberitakan, DPR Aceh telah menetapkan Rancangan Qanun Aceh Nomor 3 tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh menjadi qanun, Jum’at, 22 Maret 2013. Qanun tersebut juga telah ditandatangani Gubernur Aceh Zaini Abdullah. Pada 25 Maret 2013, qanun tersebut juga telah dimasukan dalam tambahan lembaran Aceh nomor 49.

Namun Gubernur Aceh Zaini Abdullah juga telah meminta kepada masyarakat agar bersabar untuk mengibarkan bendera Aceh. Kata dia, meski telah legal karena telah dimasukkan kedalam lembaran Aceh, Qanun Bendera dan  Lambang Aceh harus terlebih dahulu diklarifikasi Menteri Dalam Negeri.

"Ini kan masih hari ini saya teken. Belum lagi diklarifikasi. sabar dulu, sampai dengan nanti akan kita kasih tahu kapan bisa dikibarkan. Harus bersabar, saya kira tidak akan memakan waktu yang lama," kata Doto Zaini.

Hal serupa juga disampaikan Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah. Hasbi mengimbau masyarakat Aceh agar bersabar menanti Qanun Bendera dan Lambang Aceh masuk dalam lembaran Aceh. Setelah itu, katanya, masih perlu disampaikan ke Pemerintah Pusat juga.

"Saya memahami bahwa masyarakat sudah tak sabar menanti," kata Hasbi kepada ATJEHPOSTcom  dua hari lalu.[] (bna)

related posts