Begini Cara Menggunakan Twitter dan Facebook Tanpa Internet

Bencana badai Sandy yang melanda sebagian Amerika Serikat membuat listrik terputus dan koneksi internet menjadi sesuatu yang langka. Di sisi lain, jejaring social seperti Twitter dan Facebook dapat digunakan untuk mengetahui kabar sanak keluarga atau meminta pertolongan.

Dalam kondisi bencana dan tanpa jaringan internet, sebenarnya kedua jejaring sosial masih dapat digunakan asalkan provider telepon selular masih aktif.

Caranya? seperti ditulis situs mashable.com, bagi anda pengguna twitter, kunjungi twitter.com dari telepon selular anda. Dari menu homepage, masuk ke menu “setting”, lalu pilih “mobile.” Masukkan nomor telepon anda di bawah tulisan “activate twitter text messaging,” dan kemudian ketikkan “GO”, lalu kirim ke nomor sesuai panduan dari twitter.

Begitu langkah ini selesai, anda akan menerima pesan balasan yang mengabarkan layanan tersebut telah aktif.  Sekarang, anda sudah terkoneksi dengan twitter via layanan sms. Untuk mengetahui lebih detail soal ini, bisa juga dicek di laman official guide twitter.

Layanan ini bisa juga dilakukan oleh pengguna Facebook. Masuk ke menu “Account Settings (Pengaturan Akun),”  lalu pilih “mobile (seluler)”. Langkah berikutnya, anda tinggal memasukkan nomor telepon, dan menunggu konfirmasi dari facebook.

Dengan mengaktifkan fitur ini, akan akan mendapat pemberitahuan tentang permintaan pertemanan, pesan, kiriman wall, dan status terbaru dari teman-teman anda. Anda juga bisa memperbarui status, mencari nomor telepon, atau mengunggah foto dan video dari ponsel Anda.

Jadi, sebelum bencana datang, kenapa tidak mencoba setting tanpa internet ini? Dengan begitu, anda pun tetap terhubung dengan orang-orang yang anda cintai. | YAS | MASHABLE

related posts