Begini Cara Daftar SNMPTN 2012 Jalur Tulis Via Online

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Ujian Tulis dan Keterampilan telah dibuka sejak kemarin. Mekanisme pendafataran sepenuhnya sistem online.

Hal ini disampaikan Koordinator Wilayah II SNMPTN, Sudijono Sastroatmodjo. Dia menuturkan, dalam SNMPTN 2012 calon peserta membayar terlebih dahulu uang pendaftaran ke Bank Mandiri, kemudian akan mendapat personal identification number (PIN) dan kode akses pendaftaran (KAP), yang digunakan untuk login ke website http://ujian.snmptn.ac.id.

“Melalui website itu calon peserta mengisi biodata, memilih program studi, dan lokasi tes. Pendaftaran ujian tulis SNMPTN telah dibuka 10 Mei pukul 08.00 WIB dan ditutup 31 Mei 2012 pukul 22.00 WIB,” kata Sudijono, Jumat, 11 Mei 2012.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini menambahkan, waktu pendaftaran itu berlaku untuk calon peserta yang lulus pada 2010, 2011, dan 2012. “Tahun ini, waktu pendaftaran dilaksanakan secara bersamaan. Untuk menghindari kepadatan jaringan, segeralah mendaftar,” ujarnya.

Menurut Sudijono, saat jaringan sangat padat ada kemungkinan data pendaftar sulit masuk dalam sistem. “Kondisi itu terutama ketika menjelang hari terakhir pendaftaran, karena semakin banyak calon peserta yang mendaftar dalam waktu bersamaan,” katanya.

Tatacara pengisian formulir dapat dilihat dan diunduh pada http://download.snptn.ac.id dengan biaya pendaftaran Rp150 ribu untuk kelompok IPA atau IPS dan Rp175 ribu untuk IPC.[]

 
SUMBER: OKEZONE

related posts