Baru Satu Perusahaan yang Serius Investasi Karet di Aceh Barat

  • admin

BANDA ACEH - Hadirnya pabrik pengolah karet di Aceh Barat menjadi impian bagi pemerintah kabupaten dan masyarakat setempat. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Aceh Barat, T Helmi kepada ATJEHPOSTcom, Selasa 15 Januari 2013.

Dia mengatakan, dengan adanya pabrik pengolah karet akan menyerap tenaga kerja di Aceh Barat. Selain itu, menurut T Helmi, harga karet juga akan meningkat disebabkan penjualan bahan mentah tersebut akan langsung ditampung oleh perusahaan itu.

Saat ini berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Barat, hanya PT Potensi Bumi Sakti (PBS) yang sudah meminta izin berinvestasi karet di kabupaten tersebut. Sementara investor lainnya belum terlihat serius berinvestasi membuka pabrik pengolah karet dari bahan mentah menjadi baku.

Menurut T Helmi, beberapa tahun yang lalu salah satu perusahaan dari Thailand pernah menyatakan minatnya membuka pabrik pengolah karet di Aceh Barat. Saat itu, investor dari Gajah Putih ini langsung dibawa oleh Dishutbun Aceh untuk menjajaki perkebunan karet di Aceh Barat.

“Investor dari Thailand yang katanya berminat berinvestasi dalam pembangunan pabrik karet di Aceh Barat hingga saat ini tidak ada lagi kabarnya,” tutur dia.[bna]

related posts