Aceh Barat Menuju Kota Digital

MEULABOH - Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Telekomunikasi (Dishupartel) Aceh Barat, bangun taman digital di lokasi perkarangan dinas tersebut. Taman digital ini diharapkan menjadi pilot project penyediaan fasilitas hot spot bagi masyarakat umum.

"Pembangunan taman digital tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Koordinator Telekomunikasi dan Informatika (Menkominfo) kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat," ujar Kepala Bidang Pariwisata dan Telekomunikasi, Dishuhubpartel Mulyadi, Senin 17 September 2012.

Kata dia, tujuan dari pembangunan taman digital tersebut merupakan awal dari kebangkitan Aceh Barat khususnya kota Meulaboh menuju kota digital. Saat ini, kata Mulyadi, sedang dalam tahap pembangunan tower, setelah itu akan dibangun lokasi tempat duduk bagi pengunjung yang ingin akses internet.

"Sedangkan untuk luas jarak jangkau hot spot sendiri nantinya berjarak 200 meter dari lokasi," kata dia.
Mulyadi mengatakan, bagi yang ingin akses internet diluar lokasi pagar (kantor) dapat juga diakses asalkan jaraknya 200 meter dari sinyal hot spot yang disediakan.

“Ini merupakan tahap awal bagi Aceh Barat menjadi kota digital dipantai barat- selatan Aceh, apalagi dengan menjamurnya caffe-caffe yang menyediakan free wi-fi saat ini semakin menunjukan Aceh Barat semakin maju dan menjadi kota digital,” ujarnya.

Selain itu, kata Mulyadi tidak tertutup kemungkinan nantinya di lokasi- lokasi wisata yang ada di Aceh Barat akan disediakan Hot Spot. Sehingga, warga Aceh Barat semakin mudah dalam mengakses internet secara gratis.

Selain dari bantuan taman digital berupa free hot spot yang akan dibangun di lokasi dinas tersebut, kata Mulyadi, pemerintah kabupaten juga akan mendapat bantuan mobil Internet.

"Nantinya mobil itu akan digunakan berkeliling wilayah Aceh Barat, sehingga ruang gerak masyarakat dalam akses internet semakin mudah," kata dia.

Dia mengharapkan, kemudahan akses internet tersebut nantinya bisa dijadikan media pembelajaran bagi mahasiswa dan siswa di Aceh Barat.[]

related posts